10 Rekomendasi Merk Piano Digital Terbaik (Terbaru 2022)

10 Rekomendasi Merk Piano Digital Terbaik

Ada beragam pilihan merk piano digital di pasaran saat ini. Tapi bermain piano belum begitu popular atau masih sepi peminatnya. Padahal, dengan memainkan alat musik seperti piano ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Terlebih lagi di saat pandemi ini, Piano digital bisa menjadi alat musik yang menemani Anda di rumah. Apakah Anda mulai tertarik? Namun masih bingung memulai aktivitas bermusik ini dengan membeli piano yang tepat.

Sincerity Piano played by Garda Gandra

Piano digital terbaik

Jika Anda hanya ingin bermain atau baru mulai belajar tapi takut mengganggu orang di sekitar Anda. Piano digital adalah solusi yang terbaik. Kenapa? Karena suara yang dihasilkan bisa diatur, bahkan bisa memakai headset jika Anda masih takut terdengar dan mengganggu orang lain. Makin menarik bukan? Untuk itulah, kami akan mengulas beberapa merk piano digital terbaik yang bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Bagaimana memilih piano digital yang bagus

Bagaimana Anda memilih piano digital yang bagus, pas dan nyaman digunakan? Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan sebelum membeli piano pilihan Anda.

1. Perhatikan jumlah tuts atau keys piano

Berbagai merk piano digital bisa jadi menyediakan produk dengan jumlah keys yang berbeda. Anda dapat memilih piano digital dengan 88 keys atau lebih. Jika Anda membeli piano digital dengan beberapa keys di bawahnya, beberapa nada akan hilang. Ini dapat memengaruhi permainan Anda nanti.

2. Sensitivitas dan Weighted Keys

Di sini sensitivitas yang dimaksudkan adalah bagaimana suara yang dihasilkan sesuai dengan tekanan yang kita berikan. Weighted keys sendiri adalah istilah yang menggambarkan berat dari penekanan tuts saat kita memainkan piano. Sebagian besar merek piano digital teratas telah menggunakan weighted keys ini dan juga memiliki sensitivitas yang baik.

3. Ukuran Tuts

Cari piano dengan tuts yang sesuai dengan tinggi, lebar, dan kedalaman standar piano klasik. Sehingga Anda terbiasa memainkannya saat mencoba piano klasik. Terkadang ada piano digital yang ukuran tutsnya tidak standar, sehingga Anda akan merasakan perbedaannya saat memainkannya. Sebagian besar merek piano digital mendesain produk mereka berdasarkan piano klasik.

4. Suara piano

Untuk poin ini bisa mengikuti kata hati Anda karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki kesempatan untuk memilih langsung merek piano digital terbaik sesuai dengan versi Anda. Namun masih juga merasa bingung. Anda dapat menguji coba piano dan mendengarkan suara yang dihasilkannya. Pilih piano digital dengan suara yang Anda inginkan.

Anda bisa menjadikan 4 tips diatas sebagai acuan saat memilih piano digital terbail. Selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan bunyi setiap ketukan atau metronom. Lalu pertimbangkan juga port yang ada pada merk piano digital tersebut. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara untuk merawat piano digital.

Tips merawat piano digital

Berikut adalah beberapa tips cara merawat dan menjaga piano digital Anda agar awet dan selalu dalam kondisi prima setiap kali digunakan.

1. Simpan piano digital di tempat yang aman

Piano digital terbaik Anda tentu membutuhkan tempat yang terbaik. Usahakan Anda meletakkannya di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama. Selain itu tempat tersebut tidak terlalu lembab serta tidak terlalu kering.

Tujuan ini sebenarnya untuk mencegah kayu mengembang jika piano digital Anda terbuat dari bahan kayu. Selain itu, pemilihan tempat yang tepat untuk meletakkan piano juga perlu diperhatikan. Agar dapat mencegah Anda dari kondisi jatuhnya piano, yang dapat disebabkan oleh penempatan yang tidak stabil atau kemungkinan lainnya.

2. Jaga selalu kebersihan piano digital

Ada baiknya untuk selalu membersihkan piano digital Anda segera setelah memainkannya, atau Anda dapat mengatur waktu sendiri secara teratur.

Anda dapat menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air untuk membersihkan tuts dan badan piano. Setelah itu harus segera dikeringkan dengan kain lembut yang kering. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar alat musik piano digital tidak mudah rusak.

3. Hindari menekan tuts piano secara berlebihan

Meskipun sebagian besar merek piano digital terkemuka memiliki produk dengan weighted keys yang memberikan kesan berat layaknya menekan tuts piano klasik, bukan berarti Anda dapat menekan tuts piano terlalu keras.

Berlebihan di sini seperti kebiasaan sewaktu Anda menekan tuts piano dengan sekuat tenaga. Gunakan piano Anda dengan bijak untuk menjaga piano digital Anda dalam kondisi prima setiap saat.

4. Penggunaan stabilizer

Tujuan penggunaan stabilizer dalam hal ini adalah untuk menjaga arus listrik yang masuk ke piano digital Anda terjaga kestabilannya. Penggunaan stabilizer ini juga dimaksudkan mencegah agar piano tidak mengalami gangguan korsleting karena arus listrik yang masuk tidak sesuai.

Gunakan stabilizer 1000 watt dengan tegangan 220V yang mudah didapat di pasaran. Biasanya stabilizer yang cocok untuk merk piano digital memiliki tegangan 220V.

5. Penggunaan stopkontak atau steker listrik khusus

Menggunakan stopkontak khusus di sini berarti hanya digunakan untuk piano digital saja, tidak bercampur dengan perangkat elektronik lainnya. Alasannya untuk mencegah korsleting. Namun, jika Anda sudah memiliki stabilizer, Anda mungkin bisa melewatkan tips ini.

Nah, setelah Anda paham bagaimana memilih dan merawat piono digital. Maka selanjutnya kita akan mengulas beberapa merk piano. Untuk memudahkan dan memberi gambaran terbaik bagi Anda sebelum membeli piano digital.

10 Merek Piano Digital Terbaik yang Direkomendasikan

Berikut adalah rekomendasinya. Adapun beberapa rekomendasi merk piano digital terbaik ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari piano digital.

10. Fort

Piano digital terbaik Fort

Piano digital Fort

Jika Anda mendukung dan mencintai produk dalam negeri, maka Fort bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai merk piano digital terbaik Anda. Merk yang terbilang baru ini sudah meluncurkan 4 tipe desain yang dapat disesuaikan dengan interior rumah dan keinginan Anda. Jadi, selain untuk dimainkan dan mengisi waktu luang, merk piano digital ini juga bisa untuk mempercantik ruangan.

Empat tipe desain dari merk piano digital terbaik ini diberi nama seperti nama-nama benteng yang ada di Indonesia. Setiap tipe piano yang dikeluarkan oleh merk piano digital ini, memiliki karakteristik tersendiri yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Salah satunya tipe Fort Kalamata yang diambil dari nama benteng di Maluku Utara, tipe ini memiliki model Tuts Counterweight Hammer Outwards dan sudah dilengkapi dengan dual headphone input.

9. Nux

Piano digital terbaik dari Nux

Piano digital Nux

Nux memberi kita perasaan seperti sedang menyentuh piano klasik. Dengan fitur cukup lengkap dan variasi suara terbanyak akan membuat Anda betah dan ingin terus memainkannya. Harganya juga cukup terjangkau, Nux sudah memberikan tampilan yang tidak kalah dengan merk lainnya. Meskipun merk ini tidak sepopuler seperti merk sebelumnya. Namun Anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai platform e-commerce atau di toko alat musik yang berbeda.

Nux memiliki nuansa dan suara layaknya grand piano asli, yang sangat berharga tetapi juga praktis dan oleh karena itu sangat cocok untuk direkomendasikan sebagai salah satu merk piano digital terbaik. Terlebih lagi harganya cukup terjangkau dan desain yang tidak mencolok namun tetap stylish. Nada piano pada Nux ini diambil dari sampel 5 level dinamis yang biasanya ditemukan pada grand piano.

8. Nord

Piano digital terbaik Nord

Piano digital Nord

Rekomendasi selanjutnya adalah merk Nord. Tampilannya sangat menarik dan menjadikannya sebagai merek piano digital terbaik yang cocok untuk Anda yang suka menjadi pusat perhatian. Alasannya, Nord mengemas piano digitalnya dengan warna merah yang menarik, namun tetap berkelas. Selain tampilannya, kualitas yang disuplai oleh Nord juga sudah diakui dunia.

Nord sebagai merek piano digital menawarkan piano digital dengan tipe keybed Hammer Action yang menghasilkan artikulasi dan sensai yang nyaris akurat layaknya memainkan piano akustik. Sebagai merek piano digital terbaik, baru-baru ini merilis produk terbarunya yaitu Nord Piano 5. Nord Piano 5 menawarkan berbagai macam fitur baru dibandingkan generasi sebelumnya. Fitur-fitur ini membuat pengalaman musik Anda semakin menyenangkan.

7. Casio

Piano digital terbaik dari Casio

Piano digital Casio

Mungkin hal pertama yang terlintas di benak Anda ketika mendengar merk ini adalah kalkulator atau produk elektronik lainnya. Meski begitu, ternyata brand Casio sudah lama membuat piano digital dan membuat produk piano yang layak dipertimbangkan. Konon, merk piano digital terbaik ini pertama kali memproduksi piano digital pada tahun 80-an sehingga tidak perlu diragukan lagi mutu dan kualitasnya. Jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk piano digital, merek piano digital yang direkomendasikan ini mungkin cocok.

Jika Anda masih pemula, tipe Casio CDP-S350 bisa menjadi pilihan terbaik Anda. CDP-S350 memiliki fitur yang menarik dan unik. Ini cukup mudah digunakan bahkan untuk pemula. Salah satu fiturnya adalah Anda dapat memilih suara dan ritme yang berbeda sesuai dengan keinginan Anda dengan kategori suara yang sudah tersedia pada merek piano digital itu sendiri.

6. Kawai

Piano digital Kawai terbaik

Piano digital Kawai

Jika Anda menginginkan grand piano atau piano klasik tetapi masih tidak bisa karena satu atau beberapa faktor, Anda dapat memilih piano digital Kawai ini sebagai penggantinya. Rekomendasi merk piano digital terbaik kali ini sebisa mungkin membuat produknya seperti piano klasik. Suara dan feel dari tuts-tuts piano digital ini juga sangat mirip dengan piano klasik, bahkan bahannya juga menggunakan kayu asli untuk memberikan nuansa yang lebih klasik.

Kawai berfokus pada pelanggan rumahan dan pertunjukan, memiliki nada piano yang kaya dan sentuhan otentik. Piano digital yang dirilis oleh kawai terbagi menjadi beberapa seri, setiap seri memiliki keunikannya masing-masing. Salah satu merek piano digital yang cukup terkenal adalah KDP, yang memiliki fitur utama kabinet kayu dengan sistem tiga pedal, penutup kunci dan meja musik, juga beberapa detail lainnya.

5.Roland

Piano digital terbaik Roland

Piano digital Roland

Rekomendasi merk piano digital selanjutnya adalah merk lain dari negeri matahari terbit yaitu Roland. Roland adalah pelopor dalam pengembangan piano digital. Sebagai salah satu merek alat musik terbesar, Anda tidak perlu ragu untuk memilih Roland sebagai merek piano digital terbaik. Roland terkenal dengan piano digitalnya, yang terdengar seperti piano akustik karena adanya fitur touch di setiap produknya.

Roland merupakan merek piano digital yang lebih unggul dari jenis piano digital lainnya karena memiliki sound engine pada piano. Ini karena pemodelan suara yang membuat perubahan suaranya terdengar lebih alami. Itu karena piano Roland menggunakan mesin nada super natural yang memungkinkan perubahan nadanya sangat halus. Oleh karena itu, merk piano digital terbaik dengan teknologi canggih ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda.

4. Korg

Piano digital terbaik Korg

Piano digital Korg

Korg, merek piano digital terbesar kedua di Jepang setelah Roland, dapat menjadi pilihan Anda sebagai merek piano digital terbaik. Korg yang memiliki tampilan menarik bisa menjadi nilai tambah selain kualitasnya yang bagus. Banyak produk yang dikeluarkan oleh produsen alat musik sudah memasukkan lima kriteria dalam Tips Memilih Merk Piano Digital Terbaik yang sudah kita bahas sebelumnya. Fitur hammer action membuat piano digital Korg terasa seperti piano akustik.

Selain menjadi merk piano digital multifungsi di bidangnya, desain piano Korg ini memiliki desain lebih inovatif dari jenis piano digital lain yang dimiliki oleh para pesaingnya. Ini adalah merek piano digital terbaik dengan desain minimalis dan ramping yang memakan lebih sedikit ruang. Korg juga memiliki berbagai macam warna seperti jet-black, white dan lain-lain yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

3. Artesia

Piano digital terbaik Artesia

Piano-digital-Artesia

Desain yang elegan dan praktis merupakan gambaran dari presentasi produk dari brand piano digital ini. Piano digital Artesia memiliki berat hanya di bawah 20 lbs atau sekitar 9 kg, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sering membawa alat musik kemana-mana. Bahkan desainnya yang sederhana akan membantu Anda memilih fitur yang diinginkan tanpa merasa bingung. Seperti merek piano digital lainnya, Anda akan dengan mudah menemukan piano digital ini di pasaran.

Merk piano digital terbaik ini dilengkapi dengan 3 lapisan sampel grand piano yang kaya untuk hasil suara grand piano yang realistis. Ada juga port USB/MIDI untuk kemudahan koneksi dan pengoperasian smartphone, tablet, dan laptop. Ada fitur lain yang memungkinkan Artesia bersaing dengan merek piano digital lainnya.

2.Alesis

Piano digital terbaik Alesis

Piano-digital-Alesis

Merek piano digital kedua adalah Alesis, produsen piano digital dengan seri andalannya Alesis Resital. Seri ini memiliki semua yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli piano digital. Harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan merk piano digital terbaik lainnya, dan kualitasnya yang tak kalah bagus menjadikannya pilihan yang rekomended. Piano digital ini cocok untuk anda yang baru mulai belajar atau sudah bisa bermain piano.

Selain Alesis Resital, brand piano digital ini juga merilis beberapa produk sejenis lainnya, seperti: Prestige, Prestige Artist, Concert, Virtue dan masih banyak lagi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs web resmi, e-commerce, atau Anda bisa bertanya langsung pada ahlinya.

1. Yamaha

Piano digital terbaik Yamaha

Piano-digital-Yamaha

Pilihan pertama untuk merek piano digital jatuh pada merek alat musik yang sangat familier dan populer di seluruh dunia, yaitu Yamaha. Merek piano digital ini tidak hanya terkenal dengan kualitas produk gitarnya, tetapi juga salah satu produsen piano digital terbaik. Yamaha P45 bisa menjadi pilihan yang cukup baik bagi Anda yang masih pemula karena memenuhi semua kriteria dari tips sebelumnya untuk memilih piano digital. Yamaha menawarkan berbagai macam piano digital yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tentu saja kualitas piano digital merk global ini tidak perlu Anda ragukan lagi, meskipun harganya cukup ramah di kantong. Desainnya ramping dan minimalis, sehingga enak dipandang. Dengan piano digital merek Yamaha ini, Anda dapat dengan mudah membuat dan memainkan berbagai aransemen musik.

Itulah pembahasan tentang piano digital yang perlu Anda ketahui, mulai dari cara memilih, tips cara merawatnya, hingga 10 rekomendasi merk piano digital terbaik. Setelah mendapatkan piano digital terbaik yang pas di hati, tentu Anda harus merawatnya agar suara yang dihasilkan tetap bagus dan tahan lama. Teruslah berlatih untuk meningkatkan kemampuan bermain piano Anda.

dalduk

Ngakunya tukang ngedit photo tapi kesehariannya dia jadi Peternak (Penjemput dan Penganter Anak). Bapak ini bangga pernah jadi Kapten Cleaning Service di sebuah kampus swasta terkemuka di Yogyakarta. Sekarang diam-diam tekun menulis biar kelihatan Ganteng seperti Nicholas Saputra.