Monday, December 6, 2021
Home General Ternyata ada 7 buah yang tidak boleh disimpan dalam Kulkas

Ternyata ada 7 buah yang tidak boleh disimpan dalam Kulkas

7 Buah yang tidak boleh masuk kulkas

Ternyata ada beberapa buah yang disimpan di lemari es diduga dapat mengurangi nilai gizi dan kesegaran buah tersebut. Informasi ini dirangkum dari akun Instagram resmi milik Kementerian Pertanian. Berikut ini daftar buah yang seharusnya tidak boleh disimpan dalam kulkas:

Image by Devanath from Pixabay

Tomat

Buah tomat ternyata tidak boleh masuk dan disimpan ke dalam almari es. Tomat tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas karena dapat mengganggu kesegaran tomat itu sendiri.

Image by Shutterbug75 from Pixabay

Jeruk

Selanjutnya, buah yang tidak boleh disimpan ke dalam kulkas adalah jenis citrus. Di antaranya jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis tidak diperkenankan untuk disimpan di dalam kulkas. Kenapa? Karena kulit jeruk bisa mengering dan kandungan air di dalam jeruk bisa menyusut.

Image by Juan Zelaya from Pixabay

Pisang

Buah pisang yang disimpan dalam kulkas justru akan mengakibatkan perubahan pada warna kulitnya dan bisa lebih cepat matang.

Image by nightowl from Pixabay

Pepaya

Buah pepaya juga menjadi salah satu jenis buah yang ternyata tidak dianjurkan untuk disimpan ke dalam kulkas. Jika pepaya dimasukkan ke dalam kulkas bisa menyebabkan perubahan pada tekstur dan rasanya.  Oleh karena itu, sebaiknya pepaya di taruh di dalam suhu ruangan saja.

Image by congerdesign from Pixabay

Melon

Sangat disayangkan jika buah melon ditaruh ke dalam kulkas. Kenapa? Hal ini justru akan menghilangkan kandungan senyawa antioksidan yang ada pada buah tersebut. Beberapa kandungan vitamin yang ada pada melon juga akan mengalami penurunan apabila buah melon disimpan tanpa dikupas dan dipotong terlebih dahulu.

Image by FoodieFactor from Pixabay

Alpukat

Dikutip dari Kompas.com (30/1/2021), buah alpukat yang masih mentah termasuk dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas dan harus berada di suhu ruang selama 4 hingga 7 hari. Mendinginkan alpukat mentah akan membuatnya lebih cepat benyek.  Setelah matang, alpukat baru bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Efek pendinginan pada alpukat akan memberikan waktu tambahan sekitar 1 hari sebelum membusuk.

buah-buahan kering
Buah-buahan kering Image by Jenő Szabó from Pixabay

Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering juga termasuk dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas. Buah kering paling baik disimpan di tempat yang kering dan gelap dalam wadah kedap udara. Jika disimpan dengan benar, mereka dapat bertahan hingga 6 bulan.

Kesimpulan

Ternyata ada juga buah yang tidak boleh di simpan ke dalam kulkas, ya. Sebab, jika buah-buahan tersebut masuk kulkas justru bisa menghilangkan kandungan nutrisi yang ada dalam buah tersebut. Atau akan membuatnya menjadi lebih benyek. Jadi, memang ada baiknya bila buah yang dibeli langsung di konsumsi dalam waktu dekat. Selain itu, jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan setiap hari, agar daya tahan tubuhmu semakin terjaga.

RELATED ARTICLES

Ternyata dengan Mengonsumsi Buah Kering Dinilai lebih Menyehatkan

Studi Penn State University Ternyata buah-buahan bisa menjadi salah satu alternatif untuk camilan yang sehat. Hanya saja...

HENING CIPTA NASIONAL

MARI KITA MENDOA Kita kirimkan doa bagi semua sahabat yang telah berpulang dan diberi...