8 Rekomendasi Drone DJI Terbaik di Kelasnya

Merk drone yang banyak disukai oleh professional maupun pemula adalah Drone DJI. Fitur dan spesifikasi drone ini cukup lengkap dengan kualitasnya yang bagus dan harganya cukup terjangkau.

Banyak pilihan produk drone DJI yang beredar di pasaran saat ini. Mungkin ini yang membuat Anda jadi kebingungan memilih produk drone DJI terbaik. Kami mencoba menghadirkan beberapa rekomendasi drone DJI yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda.

Bagaimana memilih drone DJI yang bagus

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya perlu memperhatikan bagaimana cara memilih drone DJI yang terbaik untuk Anda dan agar tidak merasa kecewa setelahnya. Simak caranya ya?

1. Perhatikan kemampuan terbang

Perhatikan kemampuan terbang dari drone sebelum Anda memilih drone DJI tersebut. Bagi pemula untuk menerbangkan drone mungkin tidak membutuhkan kemampuan terbang jauh, namun para profesional sangat membutuhkan drone DJI terbaik yang memiliki kemampuan terbang jauh dan jauh.

2. Perhatikan kualitas gambar

Kualitas gambar juga perlu diperhatikan sebelum Anda membeli drone DJI. Gambar terbaik yang dihasilkan drone DJI untuk penggunaan komersial kualitasnya hingga 4K. Namun, jika Anda membutuhkan drone DJI untuk keperluan lain seperti media sosial atau sekadar mengabadikan momen, maka kualitas gambar HD hingga 2K bisa digunakan. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

3. Perhatikan fungsi stabilizer

Cara selanjutnya dengan memperhatikan fungsi stabilizer. Anda benar-benar perlu memperhatikan fitur ini karena dapat membantu menciptakan gambar yang lebih baik. Karena jika drone DJI yang Anda pilih tidak memiliki fungsi stabilisasi yang baik. Maka dapat mengakibatkan hasil gambar yang kacau seperti goyang atau kabur.

4. Perhatikan fungsi pendaratan otomatis

Terakhir yang harus diperhatikan adalah fitur auto-landingnya. Hal ini penting terutama bagi anda yang masih pemula dalam penerbangan drone. Tujuannya untuk mengurangi terjadinya resiko kecelakaan, drone DJI yang anda miliki. Fitur auto ini dapat membantu Anda mendaratkan drone DJI Anda secara otomatis saat Anda berada dalam situasi darurat atau panic. Sehingga Anda tidak kerepotan mendaratkan drone secara manual.

8 Rekomendasi Drone DJI

Jika Anda tertarik memiliki drone untuk memenuhi kebutuhan kerja atau sekedar hobi pribadi, berikut beberapa produk pilihan yang bisa menjadi alternatif.

1. DJI Mavic Air 2

DJI Mavic Air 2
DJI Mavic Air 2

Rekomendasi drone DJI pertama ini banyak diminati karena harganya yang relatif terjangkau namun tetap menawarkan fitur yang lumayan. Wajar saja, sebagai penerus seri Mavic sebelumnya. Drone DJI ini telah dibekali dengan berbagai spesifikasi unggulan, di antaranya kamera 4K 60 dan baterai 3500mAh, yang memungkinkan drone ini terbang hingga 34 menit.

Dengan desain yang portabel dan dapat dilipat, drone ini cocok untuk Anda yang mencari produk yang mudah dibawa bepergian. Drone DJI yang diproduksi tahun 2020 ini mampu terbang dengan kecepatan sekitar 43 meter per jam dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga telah dilengkapi dengan memori internal hingga 8 GB.

2.DJI Mavic Pro

DJI Mavic Pro
DJI Mavic Pro

Kemampuan kamera menjadi pertimbangan sebelum anda membeli drone. Jika Anda termasuk orang yang sangat memikirkan kemampuan kamera, maka drone DJI Mavic Pro ini bisa menjadi solusi yang tepat. Drone yang dapat dilipat ini memiliki kamera 4K 3-sumbu yang memungkinkan Anda mengambil gambar yang bagus.

Drone DJI Mavic Pro juga menawarkan fungsi mode pemula, yang membuat drone ini cocok tidak hanya untuk profesional tetapi juga untuk pemula. Selain sebagai pemula, drone DJI ini juga cocok untuk Anda yang suka berfoto saat traveling dengan kualitas gambar terbaik dan daya tahan baterai yang lama.

3. DJI Phantom 3 Default

DJI Phantom 3 Default
DJI Phantom 3 Default

Jika sedang mencari rekomendasi drone DJI untuk sarana meningkatkan keahlian pembelajaran drone Anda lebih dalam. Maka DJI Phantom 3 Standard bisa menjadi pilihan. Drone DJI ini memiliki stabilitas yang cukup baik dan memiliki fungsi flight assistant. Fitur ini sangat memudahkan Anda saat sinyal drone hilang atau saat drone turun daya hingga 10% karena drone standar DJI Phantom 3 ini dapat kembali ke titik asal.

Drone yang sangat populer di kalangan videografer ini sebenarnya masih menggunakan sistem perekaman manual. Meskipun demikian, drone DJI ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang detail teknisnya. Dilengkapi dengan kamera 12MP, drone standar DJI Phantom 3 mampu terbang selama 25 menit pada jarak terbang hingga 1km.

4. DJI Phantom 3 Profesional

DJI Phantom 3 Profesional
DJI Phantom 3 Profesional

Di posisi selanjutnya, setelah menguasai detail teknis dengan DJI Phantom 3 Standard, beralih ke drone DJI Phantom 3 Professional adalah pilihan terbaik. Drone DJI ini dilengkapi dengan kemampuan merekam video dalam resolusi 4K dan menampilkan gambar yang lebih mulus tanpa goyang karena menggunakan kamera 12 MP dan gimbal 3 sumbu.

Keunggulan drone DJI ini adalah vision positioning yang membuat drone tetap terbang dalam kondisi stabil meskipun sinyal GPS atau remote control terganggu. Dengan durasi terbang sekitar 23 menit pada jarak 5 km. Drone DJI Phantom 3 Professional cocok buat Anda yang ingin mendapatkan kualitas video yang bagus untuk kebutuhan profesional, namun tetap dengan harga yang terjangkau.

5.DJI Phantom 4 ProPlus

DJI Phantom 4 ProPlus
DJI Phantom 4 ProPlus

Bagi Anda yang sedang mencari drone DJI untuk penggunaan profesional, rekomendasi drone DJI terbaik berikutnya ini sangat cocok untuk Anda. DJI Phantom 4 Pro Plus dilengkapi sensor CMOS 1 inci 20 megapiksel dengan rana mekanis yang meminimalkan distorsi rotasi. Berbagai fitur tersebut membuat drone DJI Phantom 4 Pro Plus cocok untuk para content creator atau bahkan pembuat film.

Sedangkan untuk kemampuan terbangnya sendiri, drone DJI Phantom 4 Pro Plus ini telah diberkahi dengan performa kecepatan terbang hingga 72 kilometer per jam dan memiliki jangkauan transmisi hingga 8 kilometer. Drone DJI ini juga menawarkan beberapa mode penerbangan pintar seperti TapFly, Active Track, Draw and Gesture Mode dan banyak fitur lainnya.

6. DJI Tello

DJI Tello
DJI Tello

Di tempat terakhir, rekomendasi drone DJI terbaik adalah DJI Tello, jenis drone mini terbaik. Drone ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula atau sedang mencari rekomendasi drone DJI dengan harga yang terjangkau. Meski memiliki harga yang cukup terjangkau, kualitas dan kapasitas drone ini tidak bisa diabaikan.

Dengan desainnya yang ringan dan ringkas, drone DJI terbaik ini sangat cocok untuk bepergian ke mana saja. Selain itu, terdapat juga fungsi perlindungan baling-baling, yang membuat drone DJI Tello ini awet dan tahan lama. Menggunakan pemrograman STEM, DJI Tello ini sangat cocok untuk Anda yang baru belajar menerbangkan drone dan mempelajari dasar-dasar menerbangkan kamera.

7. DJI Spark

DJI Spark
DJI Spark

Jika Anda sedang mencari drone DJI yang asyik dan mudah digunakan, maka DJI Spark ini mungkin jawabannya. Drone DJI terbaik ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan drone untuk merekam aktivitas liburan atau untuk pemula yang baru ingin mengoperasikan drone.

Drone DJI ini telah dilengkapi dengan quick launch function dan gesture control yang dalam hal ini memudahkan Anda untuk menerbangkan drone karena hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk meluncur. Selain itu, drone DJI ini dapat kembali ke tangan Anda meskipun berjarak 20 kaki hanya dengan mengangkat tangan. Drone terbaik ini juga dilengkapi dengan kamera 12 megapiksel yang dapat mengambil gambar dengan cukup lancar.

8. Matriks DJI 300 RTK

Matriks DJI 300 RTK
Matriks DJI 300 RTK

Drone DJI terbaik pertama yang kami rekomendasikan adalah DJI Matrice 300 RTK, yang karena banyak review disebut-sebut sebagai produk drone dengan banyak fitur idaman. Dirancang khusus untuk menjalankan perintah otomatisasi dalam inspeksi yang cukup kompleks dan tenggat waktu yang ketat, drone DJI terbaik ini sarat dengan fitur yang sangat menarik.

Fitur dari DJI Matrice 300 RTK antara lain fungsi penghindaran tabrakan otomatis, tahan terhadap 6 skenario cuaca yang mungkin terjadi dan memiliki durasi penerbangan yang cukup lama. Bicara soal kamera, drone DJI ini dilengkapi dengan kamera 20 megapiksel, zoom optik hybrid 23x, dan fungsi AI spot check.

Penyebab kecelakaan yang melibatkan drone DJI

Terkadang drone mengalami kecelakaan, yang disebabkan oleh pilot yang tidak berpengalaman. Berikut adalah beberapa penyebab kecelakaan drone yang umum terjadi.

1. Menerbangkan drone DJI saat baterai lemah

Seringkali penyebab kecelakaan dengan drone DJI adalah mereka menerbangkan drone dalam kondisi baterai rendah atau rendah. Hal ini dapat menyebabkan drone kehabisan baterai selama penerbangan. Oleh karena itu, Anda perlu mendaratkan drone DJI saat baterai tinggal di 30%. Beberapa drone DJI terbaik mungkin memiliki fitur auto-landing ketika baterai bertahan di 10%, tetapi drone DJI hanya dapat terbang lurus dan memiliki peluang untuk menabrak pohon atau bangunan.

2. Menekan tombol RTH terlalu cepat

Penyebab kecelakaan drone DJI selanjutnya adalah saat pilot drone kehilangan kendali atas drone, ia menekan tombol RTH (Return to Home) terlalu cepat. Pasalnya, jika menekan tombol RTH pada drone DJI terlalu cepat, ada kemungkinan terjadi kecelakaan seperti crash. B. menabrak pohon atau rintangan lainnya. Hal ini dikarenakan drone hanya terbang langsung ke titik awal tanpa bisa menghindari berbagai rintangan seperti tiang listrik, pohon atau bangunan.

3. Tidak memperhatikan kondisi baling-baling drone

Jika Anda tidak memperhatikan baling-baling drone sebelum terbang, dapat menyebabkan drone DJI jatuh. Pada dasarnya, baling-baling pada drone DJI terbaik dibuat elastis sehingga tidak merusak benda lain atau melukai orang. Namun, baling-baling drone sangat rentan ketika mengalami beberapa kali tabrakan. Karena itu, sebelum terbang, Anda harus memastikan baling-baling dalam kondisi baik.

4. Hilangnya sinyal GPS

Hilangnya sinyal GPS juga dapat menyebabkan drone crash. Pasalnya, hilangnya sinyal GPS dapat menyebabkan drone DJI terbaik menjadi lepas kendali. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menerbangkan drone di area terbuka dan jauh dari rintangan untuk menghindari kehilangan sinyal GPS.

5. Salah arah

Penyebab kecelakaan drone terakhir adalah drone terbang ke arah yang salah. Ini biasanya terjadi ketika Anda menerbangkan drone DJI Anda terlalu tinggi sehingga membingungkan bagian depan dan belakang drone. Anda akan berakhir menerbangkan drone ke arah yang salah. Oleh karena itu, sebagai pemula, berlatihlah untuk membiasakan diri menerbangkan drone.

Ketika Anda telah memutuskan salah satu opsi drone terbaik DJI, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ulasan di toko. Hal ini untuk mencegah Anda mendapatkan drone DJI yang palsu.

Penutup

Sekian dulu penjelasan 8 rekomendasi drone DJI terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Kami menyarankan Anda untuk memperhatikan cara memilih drone DJI yang baik terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Tidak hanya memperhatikan hal ini, tetapi juga memperhatikan beberapa penyebab kecelakaan agar Anda tidak mengalaminya.

Agung

Ngakunya tukang ngedit photo tapi kesehariannya dia jadi Peternak (Penjemput dan Penganter Anak). Bapak ini bangga pernah jadi Kapten Cleaning Service di sebuah kampus swasta terkemuka di Yogyakarta. Sekarang diam-diam tekun menulis biar kelihatan Ganteng seperti Nicholas Saputra.

error: Content is protected !!