8 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia Dibawah 1 Tahun

Mainan edukasi akan banyak membantu bayi belajar banyak hal di usia pertumbuhannya. Berbagai mainan edukasi bisa Anda siapkan di usia 0 – 1 tahun. Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan dan perkambangan saraf motorik halus maupun kasar. Beberapa mainan yang bisa Anda siapkan seperti: mainan air, bola-bolaan sampai mainan susun dengan warna-warni yang akan memicu sang buah hati untuk mengenali warna. Di artikel ini, kami akan mennyampaikan bagaimana cara memilih mainan edukasi anak yang sesuai dengan kebutuhan sang buah hati sesuai dengan usianya. Kami juga mengenalkan 8 rekomendasi mainan edukasi anak usia dibawah 1 tahun. Semoga bisa bermanfaat ya?

Mainan Edukasi Anak untuk Usai 0 – 1 Tahun

Mainan Edukasi untuk Usai 0 – 1 Tahun

Cara Memilih Mainan Edukasi Anak Usia Dibawah 1 Tahun

Pada usia 0 – 1 tahun, bayi cenderung senang memegangi setiap benda. Mereka juga suka memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulutnya untuk diemut. Jadi hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahan apa yang digunakan pada mainan edukasi yang kita beli. Apakah terbuat dari bahan beracun dan sebagainya. Maka, kita wajib mengetahui terlebih dahulu poin apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mainan edukasi.

1. Pastikan mainan terbuat dari bahan yang aman saat dimasukkan ke mulut

Mengulum, menjilat, menggigit atau bahkan sampai diemut adalah kegemaran anak pada usia dibawah 1 tahun. Melihat hal ini akan membahayakan bagi si buah hati ketika mengetahui mainannya ternyata terbuat dari zat – zat berbahaya. Bila kita perhatikan banyak mainan anak terbuat dari karet, plastik, dan kain. Pastikan terlebih dahulu mainan edukasi yang kita berikan itu aman untuk dimasukkan ke dalam mulutnya.

Pilihlah mainan yang terbuat dari bahan yang aman, ringan, tidak mengandung cat sehingga bebas dari zat racun yang berbahaya dan ukurannya kecil. Sehingga mudah untuk dipegang dan muat saat dimasukkan kedalam mulut. Pastikan juga bagian tepi atau sudut-sudut mainan tidak tajam sehingga tidak akan melukai tangan dan mulut bayi.

2. Mudah untuk dibersihkan

Anda perlu memeriksa apakah mainan tersebut mudah dibersihkan ataukah tidak. Jangan sampai mainan yang sudah kita nilai aman ternyata sulit untuk dibersihkan. Anda dapat merasa tenang bila produk yang kita berikan pada si buah hati mudah dicuci atau dibersihkan. Dengan begitu anak akan terlindungi dari risiko berbahaya.

Hindari mainan yang berkontur terlalu kompleks dan rumit untuk dibersihkan. Meskipun mainan tersebut tergolong aman bagi anak. Karena kemudahan dalam proses membersihkan mainan juga berkaitan dengan komponen mainan tersebut.

3. Pilih mainan yang menarik antusias si buah hati terhadapnya

Aspek yang satu ini tak boleh dilupakan. Sebab semua jadi percuma jika mainan edukasi yang aman dan mudah dibersihkan hanya karena satu atau dua hal tidak menumbuhkan antusias pada sang anak. Kemungkinan mainan tersebut akan diabaikan. Kalau sudah seperti ini, sangat susah untuk membujuk anak untuk memainkan mainan tersebut.

Sebetulnya anda bisa dengan mudah menemukan banyak mainan edukatif yang menarik karena sudah banyak produsen mainan anak cukup pintar dalam mengemas produknya. Mereka juga sudah banyak yang memperhatikan akan segi keamanan dan kemudahan dalam perawatan pada mainan yang mereka produksi.

Ada produk mainan yang colorful dan menarik perhatian sang buah hati. Karenabanyak warna-warni ceria dari setiap mainan. Bisa juga bentuk karakter mainannya yang lucu. Bila mau menarik lebih banyak lagi perhatiannya, bisa juga memilih mainan yang bisa mengeluarkan suara. Mainan semacam ini biasanya memiliki tombol-tombol yang mudah ditekan dan bisa menghasilkan suara lucu atau music yang menyenangkan.

8 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 0 – 1 tahun

Setelah tahu bagaimana cara memilih mainan yang tepat. Sekarang kita akan membahas lebih detail tentang mainan edukasi terbaik bagi si buah hati yang berusia dibawah satu tahun. Sehingga bisa memudahkan dalam menentukan produk mainan apa yang paling cocok.

8. Blossom Farm Flower Play Mat

Apakah Anda tahu Baby Play Gym? Tempat bermain untuk anak di bawah 2 tahun yang sangat ramah untuknya. Blossom Farm Flower Play Mat sendiri merupakan matras bermain untuk anak usia 0-1 tahun. Keberadaan alas ini tidak lebih dari tempat untuk membaringkan bayi agar bisa bermain dengan mainan yang digantung di tiang penyangga.

Blossom Farm Flower Play Mat

Ada berbagai macam mainan gantung untuk dipilih, seperti kerincingan dan beberapa hewan ternak yang cantik berwarna-warni seperti sapi, kerbau, dan domba. Mainan ini cocok untuk anak laki-laki atau perempuan Anda. Blossom menambahkan cincin tumbuh gigi ke mainan ini untuk mendorong keterampilan motorik kasar anak-anak untuk menggigit benda.

7. Tololo Musical & Lighting Activity Plush Toy – Lion

Tololo Musical & Lighting Activity Plush Toy – Lion

Boneka anak-anak yang agak besar ini tidak hanya dapat mengeluarkan suara, tetapi juga memancarkan cahaya! Terbuat dari bahan katun lembut di bagian luar, anak Anda tidak akan merasa gatal atau tidak nyaman meskipun sering memegang mainan ini. Boneka edukatif ini dapat menemani si kecil setiap kali ingin tidur.

Cukup memeluk mainan ini akan membuai anak Anda untuk tidur dengan tenang. Mainan ini sangat cocok untuk si kecil karena menampilkan bentuk fisik hewan singa yang ceria. Meskipun Tololo menawarkan detail berupa sosok singa di seri ini. Sebenarnya ada pilihan warna dan bentuk karakter lain yang cocok untuk anak usia 0 hingga 2 tahun.

6. PlayGro Bright Baby Boats

Ajak si kecil bermain di bak mandi dengan mainan ini. PlayGro menghadirkan mainan yang terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal yang dijamin aman dimainkan oleh anak-anak. Terdiri dari tiga perahu transparan dengan sentuhan warna-warna menarik seperti merah, kuning dan biru. Seperti namanya, mainan ini cukup mampu mengapung di atas air.

PlayGro Bright Baby Boats

Perahu kecil PlayGro dapat mengapung di permukaan bak mandi anak Anda. Ada lubang di awak perahu di mana air bisa masuk dan menenggelamkan perahu. Perahu ini dapat dimainkan oleh anak Anda untuk membantu mereka mengenali warna dan mempelajari konsep kerapian. Anda dapat mengatur perahu sehingga sejajar dan membentuk tampilan yang menyenangkan.

5. PlayGro Loopy Loops Ball

Apakah Anda memiliki anak yang sulit untuk mandi berlama-lama? Mungkin perahu kecil PlayGro tidak cocok untuk anak Anda. Tapi tenang! PlayGro memiliki alternatif lain dalam bentuk Loopy Loops Ball. Mainan edukatif ini memiliki bentuk bola yang diisi dengan warna-warna ceria. Anda bisa memberikan mainan ini untuk mendorong keinginannya untuk merangkak.

PlayGro Loopy Loops Ball

Setiap kali bola menggelinding, bola ini mengeluarkan suara yang dapat menarik perhatian anak. Mainan ini sangat cocok untuk melatih sang buah hati untuk merangkak. Selama berlatih, tetaolah waspada untuk tetap menjaga si kecil. Dengan menggunakan mainan ini, anak-anak lebih bersemangat dan tidak mudah bosan, meskipun pada percobaan pertama sering terjatuh.

4. Beiens Musical Walker B8202

Bentuk mainan ini menyerupai stroller atau kereta dorong dengan empat roda plastik dengan dua warna utama. Anda bisa mengajak si kecil bermain sambil berlatih merangkak atau bahkan berjalan. Seperti namanya, mainan ini menampilkan musik yang muncul saat anak menekan semacam tuts piano yang tersedia di bagian depan kereta.

Beiens Musical Walker

Tidak hanya piano dengan tuts warna-warni, baby walker ini juga terdiri dari cermin, telepon, buku dan rattle. Semua komponen mainan terbuat dari plastik, sehingga mudah dibawa dan mudah dibersihkan. Roda dilengkapi dengan sifat anti slip untuk mencegah anak jatuh saat bermain.

3. EELIC Soft Cloth Book Dino Tails

EELIC Soft Cloth Book Dino Tails adalah mainan berbentuk buku yang terbuat dari satin dan sutra lembut. Ada 5 halaman dalam sebuah buku dengan berat 86 gram. Di setiap halaman, anak Anda akan melihat berbagai bentuk ekor dinosaurus yang lucu.

EELIC Soft Cloth Book Dino Tails

Ternyata, ada juga produsen yang merumuskan mainan edukatif untuk melatih indera peraba anak. Tidak hanya itu, EELIC menyertai tekstur berbeda-beda disetiap ekor dino yang bentuknya lucu dan penuh warna ini, tujuannya untuk mengembangkan indera peraba anak. Dengan cara ini, anak Anda akan mengenali warna dengan lebih cerdas seiring bertambahnya usia mereka ke tahap berikutnya.

2. Under the Nile Rag Tag Bunny

Latih gigi anak Anda yang sedang tumbuh dengan Under the Nile Rag Tag Bunny. Terdapat aksen pada bagian tepinya yang aman dan enak untuk digigit. Produk ini telah teruji bebas BPA, pewangi buatan, timbal dan PVC sehingga dapat digunakan untuk bayi baru lahir.

Under the Nile Rag Tag Bunny

Mainan ini terbuat dari bahan kain katun organik dengan tekstur yang sangat lembut sehingga nyaman untuk dipeluk atau digendong si kecil dalam waktu yang lama. Boneka berbentuk kelinci yang terdapat di Under the Nile dalam mainan ini juga bisa menemani si kecil saat naik mobil atau saat tidur.

1. Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

Kali ini Fisher Price membuat mainan sederhana berupa mangkuk kecil. Setidaknya ada 10 mangkuk yang masing-masing dibungkus dengan warna berbeda. Tentu saja, warna apa pun dapat membangkitkan rasa ingin tahu bayi.

Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

Tujuan dari mainan ini adalah untuk mengenalkan berbagai warna pada anak. Mainan edukatif ini dimainkan dengan cara menyusunnya dengan warna yang berurutan dengan jumlah masing-masing cangkir atau mangkuk. Bila ditata dengan benar, warna pelangi itu terlihat mempesona. Anak Anda pasti akan menyukai mainan ini!

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan mainan edukatif terbaik untuk usia 0-1 tahun untuk tujuan melatih kemampuannya mengenali warna, bentuk, dan suara setiap benda. Usahakan selalu memilih mainan yang mudah dibersihkan dan terbuat dari bahan yang aman untuknya. Selain itu, Anda juga dapat menemukan mainan yang ringan dan tidak terlalu besar, sehingga ideal untuk dibawa ke mana pun Anda pergi.

Agung

Ngakunya tukang ngedit photo tapi kesehariannya dia jadi Peternak (Penjemput dan Penganter Anak). Bapak ini bangga pernah jadi Kapten Cleaning Service di sebuah kampus swasta terkemuka di Yogyakarta. Sekarang diam-diam tekun menulis biar kelihatan Ganteng seperti Nicholas Saputra.

error: Content is protected !!