8 Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik

Untuk apa set top box?

Set top box atau disingkat STB memiliki nama lain yaitu dekoder, receiver dan sebagian orang menyebutnya converter. Fungsi STB pada TV analog ini untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Kemudian ditampilkan pada TV analog atau tabung.

Apakah televisi digital masih membutuhkan dekoder?

Apakah Anda memerlukan STB untuk siaran digital? Jawabannya bisa ya, mungkin tidak. Karena tidak semua smart TV dan Android TV sudah mendukung siaran televisi digital. Dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika. TV yang dapat merekam siaran digital tanpa STB harus dilengkapi dengan fungsi DVB-T2.

Apa perbedaan antara set top box dan Android TV Box?

STB digunakan di TV analog untuk memungkinkan pengguna menyiarkan siaran TV digital terestrial secara gratis atau gratis. Sementara, Android TV Box memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai layanan berbayar. Seperti Netflix dan YouTube, serta mengakses siaran digital terestrial.

Sebagai pengganti TV analog, set top box TV digital menjadi salah satu hal yang sangat penting. Tanpa dekoder, televisi digital Anda tidak akan berfungsi. Hal ini dikarenakan dekoder TV digital berperan sebagai penerima dan pengubah sinyal menjadi suara dan gambar yang ditampilkan di TV.

Set Top Box TV Digital Terbaik

Jika Anda sedang mencari produk set top box TV digital rumahan yang bagus. Berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa menjadi alternatif. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips cara memilih dekoder TV digital terbaik. Agar Anda tidak salah dalam melakukan pembelian. Tip set top box TV digital ini dirancang untuk membantu Anda memilih dan menggunakan produk yang tepat. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Perhatikan Sertifikat Kominfo agar dapat digunakan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih dekoder TV digital terbaik adalah memiliki sertifikat dari Kominfo. Karena sertifikat Kominfo merupakan jaminan bahwa dekoder TV digital yang ingin dibeli dapat digunakan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanda berupa DVB-T2 atau MODI pada dekoder TV digital. Untuk memastikan dekoder tersebut dapat digunakan untuk siaran TV digital.

2. Adaptasi dengan kebutuhan

Ada banyak sekali produk set top box TV digital terbaik yang beredar di pasaran saat ini. Mulai dari yang murah hingga yang mahal. Selain itu, ada berbagai produk yang menawarkan fungsi yang dapat menghubungkan TV ke Internet. Jika tidak perlu terhubung ke internet, sebaiknya beli dekoder TV digital yang tidak memiliki fitur ini.

3. Cari tahu ulasan lebih detail

Tips Memilih Set Top Box TV Digital Terbaik. Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mempelajari lebih lanjut tentang ulasan produk atau toko. Alangkah baiknya jika Anda meneliti pro dan kontra pada produk set top box tv digital yang akan Anda beli.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian yang diakibatkan oleh ketidaktahuan Anda. Namun anda tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini. Kami memberikan rekomendasi set top box TV digital dengan kualitas yang terjamin.

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik

8. Advance STB DVB-T2

Advance STB DVB-T2
Advance STB DVB-T2

Pilihan untuk STB TV digital pertama yang kami kenalkan adalah Advance STB DVB-T2. Output yang dihasilkan jernih dan sangat jelas karena memiliki resolusi 1920 × 1080. STB ini mampu memberi pengalaman menonton di rumah Anda lebih nyaman. Anda dapat menggunakan antena UHF/Digital outdoor untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Penggunaan antena luar ruang dikarenakan sinyal digital yang belum merata di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, disarankan menggunakan antena luar ruangan untuk hasil yang maksimal. Sebagai salah satu set top box tv digital terbaik Advance STB DVB-T2 memiliki koneksi USB, HDMI, AV dan WiFi (untuk versi WiFi). Kemudian di dalam box terdapat 1 unit STB 1080P DVB-T2, 1 unit remote control, 1 unit kabel AV dan manual book.

7. Evercoss STB DVB-T2

Evercoss STB DVB-T2
Evercoss STB DVB-T2

Salah satu set top box TV digital terbaik adalah Evercross STB Pro receiver TV digital dengan resolusi Full HD. Sehingga Anda akan semakin nyaman saat menonton TV karena kualitas gambar yang sangat baik.

Selain itu, STB ini juga dapat merekam selama siaran. Beberapa port yang tersedia pada STB ini adalah port dongle HDMI, USB dan WiFi. Box berisi 1 unit STB, 1 unit kabel power, 1 unit remote control dan 1 unit kabel RCA.

6. Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Polytron DVB-T2 PDV 600T2
Polytron DVB-T2 PDV 600T2

Sebagai produsen elektronik Polytron tidak ketinggalan dalam memproduksi produk dekoder TV digital. Produk terbaru yang bisa jadi rekomendasi set top box TV digital terbaik adalah DVB-T2 PDV 600T2 Polytron. Dari segi kualitas, STB Polytron PDV 600T2 ini tidak perlu diragukan lagi sebagai penerima radio TV digital.

Dilengkapi dengan early warning system (EWS), set top box TV digital terbaik ini dapat berfungsi sebagai pengingat saat terjadi bencana. Selain itu, Polytron PDV 600T2 juga memiliki fungsi EPG atau panduan jadwal program siaran. Dapat memutar media dalam Full HD (1080p). Fungsi perekam program favorit (PVR) hingga fungsi time shift, yang dengannya Anda dapat menunda waktu pengiriman.

5. STB Tanaka DVB-T2

STB Tanaka DVB-T2
STB Tanaka DVB-T2

Tanaka adalah merek penyedia set top box TV digital berikutnya yang tidak kalah populer. Salah satu produk dekoder terbarunya adalah STB Tanaka DVB T2 yang baru diluncurkan pada tahun 2021. Produk dekoder TV digital ini bersertifikat KOMINFO untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Seperti produk set-top box TV digital lainnya, STB Tanaka DVB T2 menggunakan antena UHF. Dilengkapi dengan sistem peringatan dini, dan juga kompatibel dengan penggunaan WiFi. Untuk koneksinya sendiri, set top box TV digital terbaik ini juga dilengkapi dengan USB, HDMI, koneksi antena dan fungsi RCA.

4. Matrix Apple DVB-T2

Matrix Apple DVB T2 adalah produk set top box TV digital yang pabrikannya sudah sangat populer sebagai pemasok parabola. Dalam hal ini, untuk memenuhi permintaan pasar akan set-top box TV digital. Matrix merilis Matrix Apple DVB T2 yang memiliki harga cukup terjangkau.

Walaupun harganya relatif murah, namun banyak yang memberikan review positif tentang produk set top box TV digital terbaik ini. Karena menggunakan antena UHF yang diharapkan dapat menangkap sinyal lebih baik dari produk lainnya. Untuk itu, tentu tidak heran jika gambar yang dihasilkan oleh Apple DVB T2 Matrix terlihat lebih jernih dan bagus. Selain itu, set-top box TV digital ini dilengkapi dengan 2 output HDMI dan RCA dan tidak ada biaya bulanan.

3. NGY Digital STB DVB-T2

NGY Digital STB DVB-T2
NGY Digital STB DVB-T2

Salah satu pilihan converter TV digital lainnya adalah NGY Digital STB DVB-T2. Dengan menggunakan penerima TV digital ini, Anda dapat menonton TV di rumah dengan lebih nyaman. Untuk pengguna TV analog/CRT, tidak perlu membeli TV baru. Anda dapat menghubungkan kabel antena ke STB NGY dan kemudian ke TV yang ada.

Fitur set top box TV digital terbaik ini antara lain: Personal Video Recorder, 1080p FullHD USB Media Player dan YouTube on TV ready. Untuk menggunakan Youtube on TV Ready, pengguna STB ini membutuhkan perangkat tambahan yang disebut USB WiFi Receiver. Yang dijual terpisah dari perangkat. Di dalam kotak, pengguna mendapatkan set-top box digital NGY, kabel RCA, dan remote control.

2. Xtreamer BIEN 3 DVB-T2

Xtreamer BIEN 3 DVB-T2
Xtreamer BIEN 3 DVB-T2

Set-top box TV digital Xtreamer BIEN 3 ini dilengkapi dengan layar Full HD dengan resolusi hingga 1080p. Selain itu, STB TV digital ini telah dilengkapi dengan fungsi parental control. Yang memungkinkan Anda untuk mengatur saluran yang tidak cocok untuk anak-anak. Ada fitur early warning system sebagai sistem peringatan bencana. Dan time shift yang dapat digunakan sebagai pause dan rewind, sehingga Anda dapat menonton lagi acara favorit meskipun Anda melewatkannya.

Tak kalah menarik dari produk lainnya adalah dekoder TV digital Xtreamer BIEN 3 yang bisa digunakan di TV digital kesayangan Anda. Set top box TV digital ini akan memenuhi keinginan Anda untuk menonton semua jenis program dari berbagai saluran TV, dari lokal hingga internasional.

1. Venus DVB-T2

Venus DVB-T2
Venus DVB-T2

Merek Venus sebagai produk asli Indonesia merupakan salah satu merek yang paling terkenal dalam pembuatan produk parabola terbaik. Venus yang menawarkan tuner yang lebih sensitif dibandingkan merek lain. Maka tak heran jika produk set-top box televisi digital mereka juga diakui sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya.

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi, Venus DVB-T2 mampu menampilkan berbagai siaran TV dengan kualitas terbaik, kejernihan dan minim noise. Bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dekoder TV digital terbaik ini memiliki sistem peringatan dini dengan data yang lebih akurat. Set-top box TV digital ini cukup cocok untuk digunakan di rumah atau di dalam mobil. Karena memiliki kekuatan sinyal yang cukup baik.

Keuntungan Menggunakan STB TV Digital

Setelah tahu rekomendasi set top box TV digital, Anda juga harus mengetahui manfaat menggunakannya. Pasalnya, Anda bisa dapat banyak manfaat hanya dengan menggunakan set top box TV digital. Apa manfaat yang bisa Anda dapatkan?

1. Harga lebih murah daripada beli TV digital

Manfaat pertama menggunakan TV digital set top box adalah lebih murah dibandingkan harus membeli TV digital baru. Saat ini sudah banyak produk TV yang dapat merekam siaran digital tanpa dilengkapi dekoder.

Namun, untuk membelinya Anda harus mengeluarkan uang yang jauh lebih mahal, mulai dari jutaan rupiah. Sementara itu, Anda dapat mengambil set top box TV digital terbaik seharga ratusan ribu dan TV Anda akan siap menerima siaran digital.

2. Tidak diperlukan antena parabola khusus

Salah satu keuntungan menggunakan dekoder televisi digital adalah tidak membutuhkan antenna khusus parabola. Menonton TV dengan siaran analog membutuhkan antena, yang dapat menyulitkan Anda menemukan posisi untuk menghasilkan gambar yang sangat jelas.

Namun, dengan menggunakan dekoder TV digital, Anda tidak perlu lagi melakukannya. Anda bisa memanfaatkan antena TV UHF VHF dengan hasil gambar yang jauh lebih jernih dibandingkan TV analog, atau bisa juga menggunakan antena TV digital indoor maupun outdoor.

3. Saluran yang lebih beragam

Keuntungan menggunakan TV digital set top box adalah salurannya lebih beragam. Sementara TV analog hanya dapat menangkap saluran TV lokal dengan gambar yang kurang jelas melalui antena, berbeda dengan TV digital yang menghasilkan saluran berbeda dengan tampilan yang lebih jelas. Oleh karena itu, dengan menggunakan set top box TV digital terbaik, Anda dapat menikmati lebih banyak saluran.

4. Dapat membaca format video

Manfaat lain menggunakan TV digital set top box adalah dapat membaca format video. Dengan cara ini Anda dapat menonton video yang Anda miliki di layar Televisi.

Yang harus Anda lakukan adalah mencolokkan port USB yang berisi video yang ingin Anda tonton di set top box tv digital terbaik. Setelah itu, Anda bisa langsung memutar video dan menontonnya di layar TV.

5. Tidak ada biaya  berlangganan

Anda mungkin pernah mendengar istilah TV kabel atau parabola sebelumnya, yang membuat siaran jauh lebih jelas dan saluran lebih beragam. Namun, keduanya memerlukan biaya berlangganan bulanan.

Namun, jika Anda menggunakan dekoder TV, Anda bisa mendapatkan semua itu tanpa harus mendaftar. Anda hanya perlu membeli satu kali set top box TV digital terbaik dan siap digunakan setiap bulan secara gratis.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi set top box TV digital terbaik beserta informasi tips memilih set top box TV digital dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Cek terlebih dahulu toko dan review produk agar tidak salah beli atau menerima barang palsu.

Agung

Ngakunya tukang ngedit photo tapi kesehariannya dia jadi Peternak (Penjemput dan Penganter Anak). Bapak ini bangga pernah jadi Kapten Cleaning Service di sebuah kampus swasta terkemuka di Yogyakarta. Sekarang diam-diam tekun menulis biar kelihatan Ganteng seperti Nicholas Saputra.

error: Content is protected !!