Cara Melacak Handphone Hilang Secara Akurat dan Tepat

Dengan kecanggihan digital yang serba berkembang, saat ini kehilangan handphone pribadi bisa langsung dicari menggunakan bantuan teknologi digital. Ada beberapa cara melacak handphone hilang, yang bisa dilakukan oleh siapapun secara mudah. Hal ini tentu sangat membantu untuk semua pengguna handphone, agar bisa mendapatkan handphonenya dengan segera.

Cara Melacak Handphone Hilang dengan IMEI

Untuk anda yang memiliki nomor IMEI aktif, anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk melacak keberadaan smartphone anda yang hilang:

  1. Mencari nomor IMEI dengan melihatnya di box handphone yang resmi, tertulis pada baterai handphone, atau dengan menekan *#06#* di aplikasi phone.
  2. Anda bisa melacak dengan menghubungi provider produk handphone anda. Anda bisa menghubungi call center provider dan mereka akan membantu anda melacak handphone anda yang hilang.
  3. Namun, jika anda ingin melakukannya sendiri, anda bisa melacak menggunakan Google. Dalam hal ini, pastikan bahwa handphone memiliki akses latin yang aktif.
  4. Kemudian, masuk ke dalam situs web pengelola handphone menggunakan akun Google yang sesuai dengan akun yang ada di handphone anda.
  5. Setelah itu, anda bisa memilih fitur melacak perangkat, nantinya akan ditunjukan lokasi keberadaan handphone anda secara realtime.
  6. Kunci handphone, atau anda juga bisa menghapus sebagian data penting yang bersifat privasi.

Cara Melacak Handphone Hilang dengan GPS

Selain menggunakan IMEI, anda bisa menggunakan GPS sebagai cara melacak handphone hilang dengan mudah.

Android

  1. Untuk anda pengguna Android, anda bisa melakukan pelacakan melalui fitur atau aplikasi ‘Find My Device’, yang bisa diunduh melalui playstore atau melalui mesin pencarian.
  2. Buka aplikasi tersebut, atau masukan www.google.com/android/find
  3. Akses dengan menggunakan gmail yang sesuai dengan yang ada di hp anda.
  4. Setelah itu, anda akan mendapatkan lokasi handphone secara real time apabila handphone masih dalam keadaan aktif. Namun jika handphone dalam keadaan mati, maka akan ditampilkan lokasi terakhir handphone anda saat masih aktif.
  5. Jika anda ingin keadaan handphone tetap aktif, anda bisa mengaktifkan fitur putar suara. Anda juga bisa mengamankan handphone anda dengan menggunakan fitur ‘amankan perangkat’, atau menghapus data dalam handphone dengan memilih ‘hapus perangkat’.

iPhone

  1. Untuk pengguna iPhone, anda bisa melakukan pelacakan melalui aplikasi Find My iPhone, atau melalui akses icloud.com/find
  2. Masukan ID Apple yang terhubung dengan handphone anda
  3. Pilih directions untuk melihat titik lokasi handphone secara realtime
  4. Anda juga bisa menggunakan fitur putar suara untuk tetap menjaga handphone dalam keadaan aktif, dan menggunakan fitur amankan perangkat untuk menjaga data yang ada pada handphone
  1. Gunakan opsi Erase This Device untuk menghapus data yang ada di handphone jika iPhone anda tidak bisa ditemukan.

Itulah dua cara melacak handphone hilang yang bisa dilakukan sendiri menggunakan internet, secara mudah. Semoga info ini berguna ya. Tetap semangat, jaga selalu kesehatan dan selalu waspada.

Agung

Ngakunya tukang ngedit photo tapi kesehariannya dia jadi Peternak (Penjemput dan Penganter Anak). Bapak ini bangga pernah jadi Kapten Cleaning Service di sebuah kampus swasta terkemuka di Yogyakarta. Sekarang diam-diam tekun menulis biar kelihatan Ganteng seperti Nicholas Saputra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!