Monday, December 6, 2021
Home Warta Disbud Jogja Akomodasi Pelaku Seni Budaya dengan Aplikasi Sapa Budaya

Disbud Jogja Akomodasi Pelaku Seni Budaya dengan Aplikasi Sapa Budaya

Selasa (9/11/2021) di sebuah hotel di kawasan Jalan Margautama, Haryadi Suyuti selaku Wali Kota Jogja bersama dengan Yetti Martanti Kepala Dinas Kebudayaan Jogja, meluncurkan Aplikasi Sapa Budaya.

Aplikasi Sapa Budaya ini diharapkan bisa menjadi ajang bagi para pelaku seni budaya untuk saling berkolaborasi. Memperluas jangkauan seni budaya, lembaga budaya, instansi pemerintah (Dinas Kebudayaan), dunia usaha dan industri serta masyarakatdi Kota Yogyakarta.

Sapa Budaya ini merupakan forum interaksi berbagai stakeholders di bidang kebudayaan yang memiliki peran penting untuk mewujudkan pelestarian dan pengembangan budaya. Melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai penguatan dalam membangun ekosistem kebudayaan.

Peresmian Aplikasi Sapa Budaya sumber:kebudayaan.jogjakota.go.id

Haryadi berharap, “Semoga dengan Sapa Budaya dapat meningkatkan kualitas seni budaya secara daring atau hibrite. Ke depannya semoga bisa dikemas melalui sistem daring yang baik, ini menjadi terobosan terbaru bagi seni budaya di era sekarang, kegiatan yang menginspirasi masyarakat mengenai kegiatan budaya yang menyangkut kepentingan bersama ataupun seluruh kelompok seni budaya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Khunda Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti menjelaskan,”Sapa Budaya merupakan ruang interaksi yang disediakan bagi pelaku seni budaya untuk saling menjalin komunikasi dan bertukar pikiran/ide kreatif.” 

Sapa Budaya ini menggunakan aplikasi berbasis web memuat dua hal penting dalam rangka membangun ekosistem kebudayaan. Jejaring dalam Sapa Budaya dimaksudkan yakni terbentuknya forum komunikasi informasi pelaku seni budaya. Sedangkan, kolaborasi adalah bentuk kerjasama antara semua pemangku kepentingan (stakeholders) pendukung ekosistem kebudayaan yang ada di Kota Yogyakarta.

Sumber: kebudayaan.jogjakota.go.id
RELATED ARTICLES

Jakarta Film Week (JFW) 2021

Jakarta Film Week 2021 sraddha.net - Jakarta Film Week (JFW) 2021 merupakan acara yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan...

BERITA DUKA : GUNAWAN ‘CINDHIL’ MARYANTO

Gunawan 'Cindhil' Maryanto Sejenak mari kita naikan doa terbaik untuk mendiang seniman Gunawan 'Cindhil' Maryanto ( penulis, sutradara...

SMK Komputama Majenang Sekolah Berbasis Pesantren dan tembang Panyuwunan

SMK KOMPUTAMA MAJENANG : Spesialis 3 Bahasa Asing Berbasis Pesantren SMK Komputama Majenang adalah...