Kecerdasan Finansial dalam Kewirausahaan

Kecerdasan Finansial dalam Kewirausahaan, Rahasia Kebebasan Finansial

Memiliki kemampuan finansial memadai, mandiri, dan tidak bergantung pada gaji, tentu menjadi impian setiap orang. Hal ini sering dikaitkan dengan kriteria menantu idaman, yang bisa mendapatkan pasangan semau hatinya. Namun sebagai pengusaha tentu diperlukan kecerdasan finansial dalam kewirausahaan, supaya kebebasan finansial dapat ditempuh dengan waktu yang tidak lama.

Secara singkat, Teori kecerdasan finansial dalam kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk dapat merencanakan dan memainkan perannya dalam mengatur keuangan secara terstruktur, baik, dan benar. Kecerdasan ini tidak hanya menyangkut jangka pendek saja, tetapi juga dana darurat, dan dana pensiun ketika di usia senja nantinya.

Dengan menerapkan teori kecerdasan finansial ini, anda dapat mencapai kebebasan finansial dalam satu tahun. Tidak percaya? Simak ulasan ini kemudian buktikan sendiri.

Skala Prioritas dan Anggaran Tetap

Jika anda ingin bebas secara finansial, tentu menetapkan skala prioritas adalah hal yang sangat penting. Tanpa adanya skala prioritas, anggaran yang anda dapatkan akan ludes dalam beberapa menit. Untuk menetapkan skala prioritas sendiri, anda bisa mengklasifikasi prioritas sebagai berikut:

a. Penting-Mendesak
b. Penting-tidak mendesak
c. Tidak penting-mendesak
d. Tidak penting tidak mendesak

Empat skala prioritas di atas mungkin tidak disebutkan gamblang dalam penjelasan kecerdasan finansial dalam kewirausahaan, tetapi sudah banyak dipraktikkan.

kecerdasan finansial dalam kewirausahaan
kecerdasan finansial dalam kewirausahaan

Selanjutnya, anda juga perlu menetapkan pengetahuan anda tentang anggaran tetap yang anda dapatkan paling tidak dalam satu bulan. Terdapat beberapa sumber anggaran yang bisa anda telisik dalam diri anda, antara lain:

a. Pendapatan utama
b. Pendapatan dari sumber lain

Setelah memetakan pendapatan utama dan pendapatan dari sumber lain, yang perlu anda lakukan untuk mendapatkan kebebasan finansial dalam waktu dekat, adalah merincikan semua jenis pengeluaran. Memang terdengar melelahkan, akan tetapi apabila dilakukan kehidupan anda akan lebih terhitung sehingga mudah untuk direncanakan.

Dana Darurat

Selanjutnya, penerapan kecerdasan finansial dalam kewirausahaan adalah menetapkan dana darurat. Seperti yang diketahui bahwa kehidupan tidak dapat berjalan sesuai rencana sepenuhnya. Karena itu, untuk mengantisipasi adanya insiden yang membutuhkan dana lebih, anda bisa menyiapkan dana darurat, hal ini agar tidak mengurangi kemampuan bisnis usaha anda.

Dana darurat yang harus anda siapkan akan terus bertambah seiring banyaknya pekerja yang anda rekrut, sehingga penting untuk menyiapkannya sedini mungkin, supaya tidak kelabakan ketika nanti sudah memiliki usaha yang besar.

Dana Pensiun

Tentu untuk bisa menikmati usia senja tanpa stress, diperlukan kemampuan finansial yang memadai. Karena itu, mempersiapkan dana pensiun sejak dini adalah contoh kecerdasan finansial yang perlu diterapkan dalam kehidupan.

Itulah ulasan tentang kecerdasan finansial dalam kewirausahaan yang bisa langsung anda terapkan step-by-stepnya dalam membangun dan merintis usaha, serta pendapatan.

Aura Putri

Ibu dua anak ini sejak kecil sudah suka menulis. Semua media dia isi dengan tulisan-tulisannya. Dari dinding, lantai, piring sampai selimut pun penuh dengan tulisannya. Sekarang dia menemukan dunianya. Menjadi seorang content writer dan dia bahagia menjalaninya.

error: Content is protected !!