Alasan Mengantuk Setelah Makan. Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Alasan Mengantuk Setelah Makan.

Makan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua makhluk hidup. Biasanya rutinitas ini dilakukan setiap hari pada pagi, siang dan sore hari.

Terkadang sehabis makan, tubuh terasa lebih lelah dan mengantuk. Ternyata ada penjelasan biologis untuk kondisi ini. Mengantuk setelah makan adalah sesuatu yang dialami banyak orang. Baik pria maupun wanita, kantuk setelah makan terkadang menjadi aktivitas yang tak terhindarkan.

Menurut Health Line, Makanan yang membuat orang merasa lebih mudah lelah dan mengantuk setelah mengkonsumsinya. Adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein, hal tersebut bisa terjadi karena tubuh sedang memproduksi serotonin.

Makanan yang dicerna oleh tubuh diproses di lambung dan usus. Ini mengarahkan lebih banyak darah ke saluran pencernaan, yang aktif dalam mencerna makanan. Dengan adanya distribusi aliran darah, maka darah tidak dapat mengalir ke tempat lain dengan sempurna. Antara lain, aliran darah ke otak berkurang. Hal ini menyebabkan timbulnya rasa kantuk setelah makan.

mengantuk setelah makan
Mengantuk setelah makan Foto oleh Yelyzaveta Martynenko dari Pexels

Apa yang harus dilakukan setelah makan?

Aktivitas pasca makan yang disarankan adalah berjalan kaki untuk membantu pencernaan. Selain itu, juga dianjurkan untuk minum air putih setelah makan. Sejumlah aktivitas berat harus dihindari untuk dilakukan segera setelah makan.

Apakah Anda harus minum setelah makan?

Jika Anda merasa haus setelah makan, Anda harus minum. Anda perlu mendukung proses pencernaan dengan minum air putih apabila makanan yang Anda makan terlalu kering dan sulit ditelan. Anda bisa minum jika makanan yang Anda makan terlalu pedas, untuk meredakan rasa pedas di lidah.

Mengapa Anda tidak bisa langsung tidur setelah makan?

Tidur setelah makan bisa meningkatkan tekanan di perut, memungkinkan makanan dan cairan lambung naik kembali ke kerongkongan. Jika ini berulang terus menerus, bisa menimbulkan penyakit asam lambung (GERD).

Butuh selang waktu berapa lama untuk tidur setelah makan?

Agar kebiasaan makan dan tidur ini tidak mempengaruhi kesehatan Anda, sebaiknya istirahatkan diri Anda 2-3 jam setelah makan saat ingin tidur. Penundaan waktu ini memberikan waktu bagi sistem pencernaan untuk memindahkan makanan ke usus kecil, mencegah gangguan pencernaan dan wakefulness.

Benarkah tidak boleh mandi setelah makan?

Makanan yang Anda makan masuk ke saluran pencernaan, sedangkan mandi hanya membersihkan tubuh dari kotoran dan membuat Anda merasa lebih segar. Jadi mitos mandi setelah makan itu berbahaya, Anda tidak perlu lagi percaya dan khawatir akan efeknya. Mandi setelah makan tidak membahayakan tubuh dengan cara apa pun.

Apakah boleh berjalan setelah makan?

Jalan santai setelah makan meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori. Jalan-jalan setelah makan juga dikatakan dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan manis, yang biasanya terjadi setelah makan. Aktivitas ringan ini juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, memberi Anda lebih banyak energi.

Mengatasi Kantuk Setelah Makan bertujuan untuk mendukung proses pencernaan dan mencegah fluktuasi gula darah yang tinggi.

Selain jenis makanan, jumlah atau porsi makanan juga berperan penting dalam mempengaruhi rasa kantuk. Tentu saja, lebih banyak energi diperlukan untuk mencerna makanan dalam jumlah besar.

Kualitas tidur yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab kantuk setelah makan. Tidak mendapatkan banyak waktu untuk tidur dan istirahat dapat membuat tubuh mudah lelah dan mudah mengantuk.

Mengantuk setelah makan adalah hal yang wajar. Menurut laman Medical News Today, hal ini bisa diminimalisir dengan banyak minum air putih, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur. Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan minum kopi, mengatur makanan yang Anda makan, dan juga lebih banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran daripada karbohidrat.

Bagaimana cara mengatasi kantuk setelah makan?

Padahal, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selain minum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk Anda. Kopi mengandung kafein yang dapat menghalangi kerja hormon di otak yang menyebabkan kantuk. Namun, minum kopi bukan satu-satunya cara untuk menghindari kantuk setelah makan. Beberapa hal berikut dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa lelah setelah makan.

1. Bergerak sedikit setelah makan

Jika Anda hanya duduk-duduk selesai makan, kemungkinan besar Anda akan merasa mengantuk setelah makan. Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah, memungkinkan oksigen dan nutrisi bersirkulasi dengan baik ke seluruh sel dalam tubuh. Mengatasi kantuk pasca makan juga membuat Anda lebih berenergi.

Setelah makan, berjalanlah setidaknya selama 15 menit atau gunakan tangga alih-alih lift untuk mencegah kantuk.

2. Pilih makanan dengan bijak

Yang bisa Anda lakukan saat makan siang untuk mengatasi kantuk pasca makan adalah memilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti serat, protein, dan zat besi yang cukup.

Karbohidrat kompleks dapat memberikan energi yang berkelanjutan. Sementara itu, zat besi dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Hindari asupan lemak dan gula yang tinggi, sepertiB. Fast food. Ini hanya menambah banyak kalori untuk tubuh tetapi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi.

Makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan kadar gula darah naik, tetapi bisa turun dengan cepat, menyebabkan kantuk dan kelelahan.

Pilih karbohidrat dan protein sederhana saat makan malam. Kombinasi ini dapat membuat Anda mengantuk, memungkinkan Anda untuk tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Makanlah makanan di pagi hari yang mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas.

3. Jangan makan berlebihan

Agar tidak tertidur setelah makan, hormati porsi dan ukuran makanan Anda agar tidak berlebihan.

Makan dalam porsi besar bisa membuat Anda sangat kenyang dan mengantuk pada saat yang bersamaan. Mengapa ini terjadi?

Untuk mencerna semua makanan ini, tubuh membutuhkan lebih banyak energi. Tentu saja hal ini dapat membuat tubuh Anda merasa lelah dan mengantuk.

Selain itu, lebih banyak darah yang mengalir ke saluran pencernaan untuk mencerna makanan secara optimal.

Akibatnya aliran darah ke otak berkurang, sehingga pengambilan oksigen otak juga menurun. Ini bisa membantu Anda tertidur dengan cepat.

4. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi kantuk pasca makan cukup penting. Hal ini karena penelitian yang dimuat dalam ACSM’s Health & Fitness Journal (2013) menyatakan bahwa minum air putih dapat membuat Anda tetap terjaga dan terbebas dari rasa kantuk.

Selain itu, air membuat Anda lebih sensitif terhadap rangsangan dan mampu berkonsentrasi pada sesuatu lebih lama.

Minum air putih juga membantu memecah makanan sehingga tubuh tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan.

Jadi, pastikan Anda minum cukup air saat makan. Kepatuhan dengan asupan air juga membantu Anda menghindari dehidrasi, yang ditandai dengan kelelahan dan kantuk.

5. Atur jadwal makan dengan baik

Agar tidak mengantuk setelah makan, solusinya bisa dengan menunjukkan interval waktu setiap kali makan. Beri diri Anda istirahat 3-4 jam dari makanan pertama Anda ke makanan berikutnya dengan tips makan sehat ini.

Jika ingin makan di malam hari, pastikan tidak kurang dari 3 jam sebelum tidur. Hal ini berguna untuk mencegah perut menjadi terlalu penuh. Hal ini memungkinkan lambung untuk mencerna makanan secara optimal dan tidak menyebabkan kantuk.

Pola makan ini juga mencegah gula darah naik tinggi. Seperti disebutkan di atas, gula darah tinggi bisa membuat Anda mengantuk. Hindari makan cepat-cepat dan kunyahlah makanan secara perlahan. Tujuannya membuat makanan lebih hancur sehingga mudah untuk dicerna lambung dengan baik.

Aura Putri

Ibu dua anak ini sejak kecil sudah suka menulis. Semua media dia isi dengan tulisan-tulisannya. Dari dinding, lantai, piring sampai selimut pun penuh dengan tulisannya. Sekarang dia menemukan dunianya. Menjadi seorang content writer dan dia bahagia menjalaninya.

error: Content is protected !!