Mengenal Alat Musik Tiup Harmonika untuk Pemula

Harmonika termasuk alat musik apa?

Harmonika adalah alat musik melodi tiup. Berasal dari alat musik tradisional Tiongkok yang disebut “sheng”. Termasuk dalam jenis alat musik melodis dan harmonik. Suara harmonika tercipta ketika mulut menggerakan instrumen ke kiri dan ke kanan atau saat disapu saat ditiup. Sumber bunyi alat musik harmonika berasal dari udara yang bergetar. Suara diciptakan oleh getaran udara di dalam instrumen. Sehingga harmonika menghasilkan bunyi dengan cara ditiup.

Mungkin semua Harmonika tampak terlihat sama. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang memengaruhi kecocokan musik untuk dimainkan. Oleh karena itu, jika Anda masih pemula dan ingin mencoba bermain harmonika. Gunakanlah produk harmonika yang tepat untuk mendukung proses belajar yang baik. Mari perhatikan artikel berikut agar Anda tidak kebingungan dalam memilih harmonika yang tepat.

Mengenal Alat Musik Tiup Harmonika untuk Pemula

Bagaimana cara membunyikan alat musik tiup harmonika?

Untuk memainkan alat musik harmonika ini adalah dengan cara meniup atau menghisap. Dengan cara itulah akan menghasilkan suara atau nada yang indah. Harmonika menggunakan sumber suara berupa pelat getar (reed) yang menempel pada pelat getar (reed plate).

3 Jenis Alat Musik Tiup Harmonika yang Perlu Anda Ketahui

Harmonika adalah sejenis alat musik tiup yang berukuran kecil dan memiliki keunikan tersendiri dalam memainkannya. Seperti alat musik tiup lainnya, memainkan harmonika menggunakan mulut agar suara yang dihasilkan dapat didengar. Meskipun merupakan alat musik tiup, memainkan harmonika tidak hanya meniup, tetapi juga mengisap. Berikut beberapa jenis harmonika yang harus Anda ketahui sebelum akhirnya membeli dan menggunakannya.

Kedelapan tangga nada mayor satu oktaf yang ada pada blues harp memiliki dua belas nada dasar dari G hingga F#. Sebetulnya, harmonik jenis diatonik ini bisa memainkan nada kres. Hanya saja untuk melakukannya perlu pengalaman lebih lama dalam bermain harmonika. Oleh sebab itu, blues harp ini lebih diutamakan untuk pemula yang sedang belajar memainkan lagu atau musik dengan genre blues atau rock.

1. Harmonika diatonik

Jenis harmonika diatonik memiliki nada dasar yang berbeda. Harmonika dengan akar C cocok untuk memainkan lagu dengan akar C. Harmonika dengan akar D cocok untuk memainkan lagu dengan akar D, dll. Menggunakan harmonika akord C adalah tindakan ekstrem, untuk memainkan nada yang berbeda. lagu.

Menampilkan 10 lubang tanpa pembagi atas dan bawah seperti harpa tremolo, harmonika ini memiliki modal yang disetel Richter, yang berarti Anda dapat memainkan 1 kunci harmonika dalam beberapa akord yang berbeda. Biasanya digunakan untuk mengiringi blues, country, dan folk, tetapi bisa juga diterapkan pada jazz atau klasik.

Ada 12 nada dasar dari G sampai F# pada harmonika diatonik. Untuk memainkan banyak lagu, Anda perlu menyiapkan harmonika dengan nada dasar yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jika Anda masih belajar memainkan harmonika, lebih baik membeli harmonika yang memiliki nada dasar C.

2. Harmonika kromatik

Harmonika jenis ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik pop, jazz, dan klasik. Alat musik ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis harmonika lainnya.

Lubang-lubang pada harmonika jenis ini bervariasi dari 10, 12, 14, hingga 16. Beberapa harmonika jenis ini juga memiliki penggeser, tombol di sebelah rangkaian lubang yang dapat digunakan untuk membuat nada kromatik. Nada yang dihasilkan oleh harmonika ini lebih lebar dari pada harmonika diatonis. Anda dapat memainkan 12 nada do-do#-re-re#-mi-fa-fa#-sol-sol#-la-la#-si.

Dilihat dari bentuknya, sangat berbeda dengan harmonika diatonik dan tremolo. Di sebelahnya ada tombol (tekan). Itulah gunanya memindahkan slider penutup lubang yang ada untuk menghasilkan nada yang jelas. Misalnya, lubang nomor 3 berbunyi C, artinya ketika Anda menekan tombol, suaranya bisa C# atau Db.

3. Tremolo harmonika

Harmonika ini juga biasa digunakan untuk memainkan musik klasik dan mengharmoniskan dalam bentuk kelompok, jarang untuk bermain solo.

Memiliki ciri-ciri lubang yang saling bertumpuk dan badan yang panjang. Hal ini terjadi karena harmonika jenis ini umumnya memiliki 12 semitone yang bisa kita mainkan. Fungsi harmonika jenis ini, seperti namanya, adalah untuk menambahkan efek gema atau pengulangan pada not yang Anda mainkan.

Karakter seperti ini dibutuhkan untuk memainkan musik klasik maupun musik regional Asia Timur seperti Jepang, Korea, China, Taiwan dan lain-lain.

Merek harmonika terbaik untuk pemula

Ada tiga harmonika yang direkomendasikan untuk pemula agar lebih mudah bermain sebelum akhirnya berlatih. Berikut adalah tiga yang terbaik.

1. Suzuki Folkmaster Diatonic Harmonica

Suzuki Folkmaster Diatonic Harmonica
Suzuki Folkmaster Diatonic Harmonica

Sejauh menyangkut perawatan, harmonika Suzuki Folkmaster adalah salah satu harmonika perawatan rendah. Harmonika ini sangat cocok untuk memainkan musik blues, rock atau country dengan nada karakter yang tenang.

Seperti namanya, harmonika merk dan tipe ini memiliki harmonika diatonik 10 lubang. Salah satu harmonika dengan harga murah tapi berkualitas. Suara yang dihasilkan sangat bagus dan memiliki karakter nada yang tenang.

2. Harmonika Swan 10 Hole C

Harmonika Swan 10 Hole C
Harmonika Swan 10 Hole C

Ini adalah harmonika dengan tipe kromatik. Diketahui harmonika ini mampu menghasilkan 40 nada dari 10 lubang yang dimilikinya. Tidak hanya ditujukan untuk musik jazz, tetapi juga dapat memainkan berbagai macam musik seperti folk, country, rock dan blues.

Meski bodinya sengaja dibuat dari plastik. Namun, karena dibangun dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahan harmonika ini.

3. Cowboy 10 Hole C

Harmonika Cowboy 10 Hole C
Harmonika Cowboy 10 Hole C

Adalah Harmonika dengan nada C dan memiliki 10 lubang sembur. Cocok untuk pemula yang ingin mulai belajar memainkan harmonika. Ada dua jenis pilihan yakni Cosmo dan Chrome.

Harmonika jenis ini dapat digunakan untuk iringan solo atau instrumental. Biasa digunakan dalam musik blues, folk, dan country. Dengan komposisi nada yang lebih kaya, harmonika ini memang lebih didedikasikan untuk memainkan musik blues. Namun seiring berjalannya waktu, diatonic dengan tuning individual juga bisa menyentuh reggae, pop bahkan jazz.

Inilah tiga merk harmonika yang dibuat khusus untuk mereka yang baru ingin belajar bermain harmonika. Pastikan pilihan Anda tepat agar Anda merasa nyaman memainkan harmonika.

5 rekomendasi merek Harmonika terkenal

Ada banyak merek dan jenis harmonika, tetapi yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan musik yang akan Anda mainkan. Anda bisa membeli semuanya, jika ingin mengoleksinya.

1. Seydel Session Steel

harmonika Seydel Session Steel
Seydel Session Steel

Jika Anda mencari harmonika diatonik berkualitas tinggi yang nyaman digunakan, Anda dapat memilih Seydel Session Steel. Bagian lubang harmonika ini terbuat dari plastik yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada bibir ketika meniup. Bagian luar harmonika ini terbuat dari stainless steel.

Selain bentuknya yang keluar dengan perhitungan seperti itu, harmonika ini juga sangat mudah dimainkan. Tidak perlu banyak usaha untuk meniupnya, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit udara untuk membuat suara harmonika ini. Produk ini adalah harmonika terbaik yang memudahkan setiap pengguna.

2. Golden Cup Chromatic

harmonika Golden Cup Chromatic
Golden Cup Chromatic

Harmonika Golden Cup Chromatic adalah harmonika yang dikenal mampu memainkan berbagai genre musik seperti blues, country, jazz hingga rock ‘n’ roll. Harmonika ini memiliki 10 lubang yang dapat menghasilkan 40 nada yang berbeda.

Selain itu, konstruksi bagian tembaga yang disematkan pada harmonika ini menciptakan karakter yang unik dengan menghalangi dan tidak menghalangi jalannya angin. Banyak musisi terkenal dan legendaris yang menggunakan produk ini. Sebut saja Bob Dylan, Bruce Springsteen atau Mick Jagger.

3. Tombo Lee Oskar Major Diatonic

harmonika Tombo Lee Oskar Major Diatonic
Tombo Lee Oskar Major Diatonic

Awalnya harmonika berikut dibangun untuk memenuhi komposisi dalam booming musik rakyat abad ke-19, tetapi semakin banyak Diatonic Tombo Lee Oskar Major digunakan untuk musik blues, rock, country dan bahkan jazz.

Respon nada harmonika ini sangat baik. Nada yang dihasilkan juga padat dan kencang. Teknik membungkuk juga akan mudah bagi Anda dengan harmonika berikut. Bisa dikatakan produk ini sudah diakui banyak pihak untuk kualitas bahan, konstruksi, desain dan suara yang dihasilkan.

4. Suzuki Folkmaster

harmonika Suzuki Folkmaster
Suzuki Folkmaster

Harmonika Suzuki Folkmaster adalah harmonika diatonic berkualitas tinggi dengan 10 lubang. Dan suara yang dihasilkan sangat bagus dan memiliki karakter nada yang tenang. Anda dapat dengan mudah melakukan tone bending dengan harmonika berikut.

Tampilan harmonika ini cukup unik dengan desain ukiran pada permukaannya dan menyertakan harmonika yang tidak masalah dengan masalah perawatan. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memainkan musik blues, rock atau country dengan nada karakter yang tenang.

5. Hohner SilverStar

Harmonika Hohner Silver Star
Hohner Silver Star

Harmonika Hohner Silver Star adalah harmonika diatonis dengan 10 lubang yang tersedia dalam 7 nada dasar yang berbeda. Perawatannya sangat mudah, cocok untuk pemula yang ingin memainkan musik blues, rock dan country dengannya.

Dengan membeli produk ini, Anda akan menerima harmonika C dasar serta kasing. Ini membuatnya lebih aman untuk membawa harmonika ke mana pun Anda pergi. Sayangnya, harmonika ini kurang optimal saat memainkan nada tinggi.

Kesimpulan

Pada artikel ini, Anda akan belajar tentang jenis harmonika serta pilihan produk harmonika terbaik untuk pemula. Selain itu, kami hadirkan 5 pilihan merk harmonika terbaik untuk digunakan atau dikoleksi. Pastikan semua pilihan Anda mendukung kenyamanan dalam belajar dan bermain harmonika. Goodluck!

Aura Putri

Ibu dua anak ini sejak kecil sudah suka menulis. Semua media dia isi dengan tulisan-tulisannya. Dari dinding, lantai, piring sampai selimut pun penuh dengan tulisannya. Sekarang dia menemukan dunianya. Menjadi seorang content writer dan dia bahagia menjalaninya.

error: Content is protected !!